Minggu, 30 Mei 2010

pengenalan bahasa cpp

Pemrograman Game Dengan Menggunakan Bahasa C++ : Bagian 1

* Dari buku 'Beginning C Game Programming - Michael Dawson'

- PENDAHULUAN -

Game komputer merupakan saingan terberat dari industri Hollywood, dimana Hollywood selalu menampilkan visual effects yang luar biasa, musik pendukung yang berkualitas dan tentu saja aksi-aksi yang memacu adrenalin. Namun game komputer memiliki keunikan tersendiri daripada industri hiburan lainnya :)

Keunikannya -> Game komputer, dapat membuat para pemainnya betah berlama-lama didepan monitor mereka selama berjam-jam !! Luar biasa.

Apa yang menjadikan sebuah game komputer demikian menarik (menyenangkan) ? -> salah satunya karena ia interaktif. Pada game komputer, para pengguna tidak hanya duduk dan melihat (nonton) seorang pahlawan melawan para penjahat, namun pada game komputer kita sendiri yang menjadi pahlawannya.

Kunci dari ketertarikan pada game komputer (interaktif) adalah sistem pemrograman. Sistem pemrograman memungkinkan suatu alien (misalnya), pasukan tentara ataupun mobil balap memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap respon pemain yang dinamis. Pada kenyataannya, sistem pemrograman menjadikan game dapat merespon para penggunanya dengan hasil yang berbeda-beda (bahkan hal-hal yang tidak dapat diprediksi oleh sang pembuat game tersebut).

Banyak sekali literatur mengenai bahasa pemrograman, bahasa pemrograman C++ merupakan bahasa pemrograman yang umum digunakan pada industri game. Jika kita ambil secara acak judul game yang ingin kita mainkan, maka kemungkinan besar game tersebut ditulis (dibuat) dengan menggunakan bahasa pemrograman C++.

Intinya : Jika kita ingin menjadi seorang game-computer-professional-programmer, maka kita harus bisa menguasai bahasa pemrograman C++.


Pengenalan Bahasa C++ Untuk Game : Bagian 2

* Dari buku 'Beginning C Game Programming - Michael Dawson'

- PENGENALAN C++ -

Dunia game bergerak cepat dan dinamis menciptakan pasar dengan persaingan ketat. Hal ini memaksa para pemrogram beserta perangkat kerasnya untuk bekerja semaksimal mungkin. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempelajari dasar dari bahasa pemrograman C++, diantaranya :

  • Menampilkan output di layar konsol window
  • Mempelajari teknik aritmatika komputasi
  • Menggunakan variabel untuk menyimpan, memanipulasi dan menghasilkan suatu data
  • Mendapatkan data input dari pengguna
  • Bekerja dengan konstanta dan enumerasi
  • Bekerja dengan strings

C++ merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang digunakan oleh jutaan pemrogram di seluruh dunia. Dibuat dan dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup, C++ merupakan turunan langsung dari bahasa C. Bahasa C++ hampir mempertahankan hampir semua fungsi dasar dari bahasa C, namun C++ ditambahkan beberapa kemampuan baru.

- PENGGUNAAN C++ PADA GAME -

Hampir semua game yang tersedia di pasaran dalam pembuatannya menggunakan bahasa C++, berikut beberapa alasannya :

  • Cepat. Bahasa pemrograman C++ yang ditulis dengan baik dapat berjalan dengan sangat cepat. Salah satu tujuan dari desain C++ adalah performa. Jika ingin performa yang lebih cepat lagi, C++ mengijinkan untuk menggunakan bahasa assembly (bahasa pemrograman terendah yang masih dapat dipahami oleh manusia) untuk berkomunikasi langsung dengan komputer.
  • Fleksibel. C++ merupakan bahasa multi-paradigma, dimana mendukung gaya pemrograman yang dinamis (termasuk Object Oriented Programming - OOP). Tidak seperti bahasa pemrograman modern lainnya, C++ tidak memaksakan gaya pemrograman tertentu kepada para pemrogramnya.
  • Banyak dukungan. Banyak aset-aset untuk para pemrogram C++ yang tersedia, seperti misalnya API (Application Programming Interface) 2D, API 3D, physics, sound-engines dan yang paling utama adalah memungkinkan para pemrogram untuk memanfaatkan kembali hasil pekerjaannya terdahulu.

- MEMBUAT EXECUTABLE FILE -

File yang dijalankan untuk menampilkan suatu program (baik game ataupun aplikasi lainnya) merupakan suatu file yang dapat dieksekusi (executable file). Terdapat beberapa langkah untuk membuat executable file dari sumber kode C++, diantaranya :

  • Pemrogram menggunakan suatu program-editor untuk menulis kode-kode C++. Ekstensi file yang biasa digunakan adalah .cpp. Program-editor tersebut seperti aplikasi pengolah kata yang berfungsi untuk membuat, mengedit dan menyimpan sumber kode-kode C++.
  • Setelah kode-kode tersebut disimpan, langkah berikutnya adalah compile. Aplikasi ini bertugas untuk membaca kode-kode C++ dan men- terjemahkannya menjadi file object. Biasanya menggunakan ekstensi .obj.
  • Selanjutnya linker menghubungkan file object dengan file lainnya (eksternal - yang dibutuhkan), kemudian menghasilkan file eksekusi yang biasanya menggunakan ekstensi .exe. Pada tahapan ini pengguna dapat menjalankan programnya dengan mengeksekusi file eksekusi tersebut (executable-file).

Untuk memudahkan proses tersebut, umumnya para pemrogram menggunakan all-in-one tool untuk men-develop suatu aplikasi yang disebut IDE (Integrated Development Environment). IDE merupakan kombinasi dari editor, compiler dan linker dengan tambahan tool-tool lainnya. IDE komersial yang terkenal antara lain Visual Studio .NET, C++ Builder Studio dan lain sebagainya. Adapun IDE yang gratis dan open-source salah satunya adalah Dev-C++.

- MENGHADAPI ERROR -

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan ketika membuat suatu program adalah error. Bahkan seorang pemrogram terbaik pun masih menghasilkan error pada penulisan ke-lima (bahkan ke-enam) kalinya. Pemrogram harus membenahi masalah error tersebut dan mengulang seluruh proses pengecekan (re-checking) hingga program yang dibuat sudah bebas dari error. Beberapa error yang umum terjadi dalam proses pembuatan program C++ antara lain :

  • Compile errors. A
  • Link errors. A
  • Run-time errors. A

Woow..semakin menarik nampaknya ^_^

[C++ Game Programming : 3, 2, 1]


Membuat Program “Game Over” Menggunakan Bahasa C++ : Bagian 3

* Dari buku 'Beginning C Game Programming - Michael Dawson'

- MEMBUAT PROGRAM PERTAMA : GAME OVER -

Okeyy, cukup dengan teori-teorinya! Sekarang saatnya untuk terjun langsung dengan membuat program C++ pertama kita. Walaupun ini sangat sederhana, program ini menunjukan anatomi-dasar dari sebuah program. Dan juga mendemonstrasikan bagaimana cara untuk menampilkan text pada console di window.

Tugas klasik untuk menjadi seorang programmer dalam suatu bahasa pemrograman yang baru adalah "Hello World" program, dimana menampilkan tulisan "Hello World" pada layar. Program "Game Over" yang akan dibuat ini, serupa dengan tugas klasik "Hello World" program, hanya saja tulisan yang ditampilkan pada layar adalah "Game Over!" seperti berikut:

[klik gambar diatas untuk melihat lebih jelas]

Disini menggunakan IDE Visual C++ dari Microsoft, dengan kode program sebagai berikut :

[klik gambar diatas untuk melihat lebih jelas]

Have Fun :)

[C++ Game Programming : 3, 2, 1]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar